Fri, 27 May 2022 Writer HUMAS

SMK SMTI Yogyakarta Gelar Temu Industri di Karawang dan Tangerang, Strategi Promosi dan Perluas Kerjasama Industri



YOGYA - Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Yogyakarta melaksanakan temu industri di Tangerang dan Karawang. 


Kepala SMTI Yogyakarta, Rr. Ening Kaekasiwi mengatakan tujuan utama temu industri adalah untuk mempromosikan program dual sistem pembelajaran di SMTI.

Selain itu juga untuk memperluas kerjasama SMTI Yogyakarta dengan industri di Tangeran dan Karawang sebagai daerah pusat industri.

"Temu industri ini kami mengundang industri daerah Tangerang dan Karawang untuk diskusi. Ada 20 industri di Tangerang dan 29 industri di Karawang yang kami undang,"katanya, Rabu (25/05/2022).

"Tujuannya untuk promosi dual sistem pembelajaran kami. Jadi di SMTI itu selain belajar di kelas dan praktik di laboratorium, ada magang di industri. Selain promosi kami juga ingin memperluas kerjasama dengan industri,"sambungnya. Ia menyebut ada ratusan industri yang sudah bekerjasama dengan SMTI Yogyakarta. Dalam dua tahun terakhir tercatat lebih 150 industri yang sudah bekerjasama. Visi dan misi SMTI Yogyakarta tidak hanya meluluskan, tetapi juga mencari tempat bekerja bagi lulusan yang ingin langsung terjun ke industri. "Sehingga kami berusaha agar lulusan kami bisa langsung mendapat pekerjaan. Dengan adanya magang dan prakerin, ini menjadi pengalaman bagi siswa, sehingga siap terjun ke industri. Harapan kami dengan temu industri, semakin banyak industri yang bermitra dengan SMTI,"terangnya. 

Sementara itu, Pengelola Administrasi Teknik Mekatronika, Yahya Farqadain menambahkan SMTI Yogyakarta juga mendapat banyak masukan dari industri dalam temu industri.

Masukan tersebut tentu sangat penting untuk meningkatkan sistem pembelajaran di SMTI Yogyakarta.

"Salah satu masukannya adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kalau dari segi kemampuan, siswa SMTI itu unggul, tetapi kadang malu untuk kelihatan menonjol. Ini penting juga untuk ditingkatkan, supaya siswa lebih percaya diri,"imbuhnya. 

Ia berharap temu industri dapat semakin mengembangkan SMTI Yogyakarta. Bahkan bisa menjadi contoh bagi SMK yang lain agar pendidikan di Indonesia lebih baik. (Tribunjogja)



Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul SMTI Gelar Temu Industri di Karawang dan Tangerang, Strategi Promosi dan Perluas Kerjasama Industri, https://jogja.tribunnews.com/2022/05/26/smti-gelar-temu-industri-di-karawang-dan-tangerang-strategi-promosi-dan-perluas-kerjasama-industri.

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Hari Susmayanti

Berita Terkait
Writer 28 Jul 2021
SISWA SMK-SMTI YOGYAKARTA DIPERCAYA MERAKIT GENOSE C19
Writer 28 Jul 2021
PERPUSTAKAAN SMK-SMTI YOGYAKARTA MENYABET PREDIKAT AKREDITASI "A"
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA IRJEN KEMENPERIN DRS. MASROKHAN, MPA
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA INSPEKTORAT JENDERAL DAN KEPALA BPSDMI KE SMK-SMTI YOGYAKARTA