Wed, 21 Feb 2024 Writer HUMAS

SMPN 15 Yogyakarta Belajar Teknologi ke SMK SMTI Yogyakarta

Umbulharjo, (jogja.sorot.co)--SMK-SMTI Yogyakarta menjadi rujukan kunjungan sekolah lain. SMK-SMTI Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi sekolah lain. Minggu lalu pada hari selasa dan rabu SMK-SMTI Yogyakarta mendapat kunjungan dari SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Dua hari kemudian sekolah satu naungan dibawah Kementerian Perindustrian SMK-SMTI Bandar Lampung melakukan kunjungan ke SMK-SMTI Yogyakarta yang dibersamai dengan 14 guru dan 126 siswa. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan SMK-SMTI Yogyakarta dan SMK-SMTI Bandar Lampung.


Pada kunjungan tersebut guru dan siswa didampingi pengurus OSIS untuk tour laboratorium. Laboratorium yang dimiliki antara lain kontrol proses, instrumen analisis, mekatronika, PLC (programmable logic controller), APIK (Aneka Produk Industri Kecil), OTK (operasi teknik kimia), mikrobiologi, kimia analisa, fisika dan kimia dasar

SMK-SMTI Yogyakarta merupakan satu diantara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemeperin). Sehingga, sekolah tersebut banyak di minati oleh masyarakat baik dari DIY maupun dari luar DIY, karena sekolah tersebut bisa langsung mencetak siswanya untuk langsung bekerja.

Sarman selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK-SMTI saat ditemui menceritakan bahwa dua hari lalu, sekolah SMK-SMTI Yogyakarta mendapatkan kunjungan dari SMP Negeri 15 Yogyakarta. Tema kunjungannya, ‘Inovasi dan Teknologi’.

"Dari kunjungan itu, bapak ibu guru SMP Negeri 15 melihat kalau untuk bidang inovasi dan teknologi, kayaknya yang pas ke SMK-SMTI Yogyakarta. Bahkan anak-anak yang di SMP Negeri 15 itu dibawa berkunjung selama 2 hari untuk melihat semua proses di SMK-SMTI Yogyakarta," tuturnya Selasa (30/1).


Sarman menambahkan, dalam kunjungannya itu, mereka belajar mengetahui proses pembelajaran, karya murid-muridnya. Kemudian belajar bagaimana membentuk karakter. 

Hal itu, lanjut Sarman, karena 60 persen murid-murid di SMP Negeri 15 itu akan melanjutkan ke SMK. Otomatis, sekolah tersebut rujukannya ke SMK-SMTI Yogyakarta. Disamping itu, beberapa siswanya juga yang sudah bersekolah di SMK-SMTI Yogyakarta.

"Secara umum, untuk SMP, kita yang melakukan roadshow. Bahkan kita juga mengundang guru BK per kabupaten untuk hadir di SMK-SMTI Yogyakarta," lanjutnya.


Roadshow tersebut, tambah Sarman, ia lakukan ke luar kota. Tetapi untuk yang langsung area Magelang, dan Klaten. Sedangkan yang dikirim melalui online sampai ke Jakarta, Tangerang, Cilegon, Malang.

"Yang kita kirim itu seperti CV, profil, booklet. Dikirimnya melalui pos," tambah Sarman.

Terkait jumlah siswa di SMK-SMTI, Sarman menjelaskan, yang berasal dari luar DIY sekitar 5 persen. Sebaran murid merata, ada yang dari Cilegon, Bekasi, Jawa Timur dan Magelang. Bahkan di tahun 2023 kemarin, serapan muridnya mencapai 92 persen, itu artinya siswa yang lulusan dari SMK-SMTI Yogyakarta yang terserap di industri dalam masa tunggu 6 bulan, jadi dari lulus hingga jeda 6 bulan ada 92 persen dari 272 siswa tahun lalu.

"Sektor paling dominan yakni manufaktur, farmasi dan petrochemical," ucapnya.

Di tahun 2023 sudah ada 70 industri yang mengadakan rekrutmen. Tetapi kalau total kerja sama 235 mitra industri. Dalam hal ini, SMK-SMTI Yogyakarta memiliki tiga kompetensi keahlian yang bisa dipilih, yakni Kimia Analisis, Teknik Kimia Industri dan Teknik Mekatronika. Sistem pembelajarannya menggunakan dual sistem yang terhubung langsung dengan industri, SMK-SMTI Yogyakarta bekerjasama dengan berbagai perusahaan di bidang manufaktur, kimia dan otomotif.

"Untuk kimia industri 75 persen laki-laki, kimia analisis 50 persen perempuan dan 50 persen laki-laki, sedangkan untuk teknik mekatronika 90 persen laki-laki. Saat ini yang paling di minati adalah mekatronika karena bisa masuk di semua bidang industri, tidak ada khusus. Selain itu, mekatronika juga merupakan jurusan langka, dalam arti di DIY yang mempunyai jurusan tersebut hanya dua, yakni SMK 3 Wonosari dan SMK-SMTI Yogyakarta," tandasnya.


Repost: https://jogja.sorot.co/berita-52103-dibanjiri-kunjungan-siswa-sekolah-lain-di-awal-tahun-smk-smti-yogyakarta-menjadi-sekolah-rujukan.html



SMK-SMTI YOGYAKARTA


⚠️ Informasi dan pendaftaran PPDB⚠️:

ppdb.smtijogja.sch.id


Sosial Media 👇

FB : Smk-Smti Yogyakarta

Fanspage Fb : SMK SMTI Yogyakarta

Youtube : SMK-SMTI Yogyakarta

X : @smksmtijogja

Tiktok : @smksmtijogja

Website : www.smtijogja.sch.id


Follow juga instagram 👇

@bk_smtiyk

@lspsmtiyk

@perpus_smksmtiyk

@pp_smtijogja

@chemicevents


#smksmtijogja #rbkunwas #rb_kemenperin #kemenperin_ri #jagaindustri #bpsdmikemenperin #smtiseindonesia #smtihitz #smkjogja #smkindonesia #smkyogyakarta

#infoppdb #ppdb #ppdbsmk #ppdb2024 #ppdbjogja #ppdbsmtiyk #ppdbsmtijogja #ppdbsmtijogja24

Berita Terkait
Writer 28 Jul 2021
SISWA SMK-SMTI YOGYAKARTA DIPERCAYA MERAKIT GENOSE C19
Writer 28 Jul 2021
PERPUSTAKAAN SMK-SMTI YOGYAKARTA MENYABET PREDIKAT AKREDITASI "A"
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA IRJEN KEMENPERIN DRS. MASROKHAN, MPA
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA INSPEKTORAT JENDERAL DAN KEPALA BPSDMI KE SMK-SMTI YOGYAKARTA