Wed, 10 Aug 2022 Writer HUMAS

Perluas Kerjasama Industri, SMTI Kembali Laksanakan Temu Industri

YOGYA - Sekolah Menengah Teknologi Industri ( SMTI ) Yogyakarta kembali melaksanakan temu industri.

Setelah menggelar temu industri di Tangerang dan Karawang, kini SMTI Yogyakarta menyasar industri di Cilegon. Koordinator Bidang Kerjasama Industri dan Kerjasama Internasional SMTI Yogyakarta , Sarman, S.Pd, MT mengatakan ada 17 industri yang diundang dalam temu industri di Cilegon. "Beberapa industri yang kami undang sudah ada yang bekerjama dengan SMTI . Tetapi ada sebagian yang belum, jadi sekalian memperluas kerjasama," katanya, Jumat (05/08/2022). Ia mengungkapkan industri sangat antusias dengan program dual sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan. Pasalnya siswa tidak hanya belajar teori dan praktik di laboratorium, namun juga memiliki pengalaman kerja melalui magang di industri. Dengan pengalaman kerja 1,5 tahun, lulusan SMTI lebih siap terjun ke dunia industri.  "Total magang di industri itu 1,5 tahun, jadi siswa kami memang sudah siap terjun ke industri. Itu juga yang membedakan lulusan SMTI dengan yang lain. Nah sayangnya untuk Cilegon ini ada kebijakan dimana yang masuk industri adalah putra daerah,"ungkapnya. "Kami dapat masukan, bagaimana kalau SMTI membuka pendaftaran siswa baru di Cilegon. Sehingga putra daerah bisa sekolah di SMTI , dan nanti bisa langsung terjun ke industri,"sambungnya. 

Sarman menerangkan melalui kegiatan magang di industri juga mempercepat lulusan SMTI untuk langsung bekerja.

Bahkan sebelum siswanya lulus, siswa tersebut sudah diterima di industri.  Untuk lulusan 2021 sudah 100 persen siswa terserap langsung ke industri. Sementara untuk lulusan 2022 ini sudah lebih dari 58 persen lulusan yang masuk ke industri. 

"Jadi kalau industri minta lulusan SMTI , kami tidak bisa merekomendasikan. Soalnya semua sudah terserap ke industri. Ya ada juga yang melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi sebagian besar langsung bekerja,"terangnya. 

Selain Cilegon, ke depan SMTI bakal melakukan temu industri di Jawa Tengah. Tujuannya agar jaringan industri lebih luas dan penyerapan lulusan SMTI semakin tinggi. (Tribunjogja.com)



Repost

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Perluas Kerjasama Industri, SMTI Kembali Laksanakan Temu Industri, https://jogja.tribunnews.com/2022/08/05/perluas-kerjasama-industri-smti-kembali-laksanakan-temu-industri?page=2.

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Gaya Lufityanti


Sosial Media :

IG : @smksmtijogja

fb : Smk-Smti Yogyakarta

Fanspage Fb : SMK SMTI Yogyakarta

Youtube : SMK-SMTI Yogyakarta

Twitter : @smksmtijogja

Tiktok : @smksmtijogja


follow juga instagram :

@bk_smtiyk

@lspsmtiyk

@perpus_smksmtiyk

@pp_smtijogja

@chemicevents


#smksmtijogja #smksmtiyk #rbkunwas #rb_kemenperin #kemenperin_ri #jagaindustri #bpsdmikemenperin #smtiseindonesia #smtiseindonesia #smtihitz #smkyk #smkjogja #smkindonesia

Berita Terkait
Writer 28 Jul 2021
SISWA SMK-SMTI YOGYAKARTA DIPERCAYA MERAKIT GENOSE C19
Writer 28 Jul 2021
PERPUSTAKAAN SMK-SMTI YOGYAKARTA MENYABET PREDIKAT AKREDITASI "A"
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA IRJEN KEMENPERIN DRS. MASROKHAN, MPA
Writer 28 Jul 2021
KUNJUNGAN KERJA INSPEKTORAT JENDERAL DAN KEPALA BPSDMI KE SMK-SMTI YOGYAKARTA